coretan lain

By Afrilia Utami - October 28, 2012


AFRILIA UTAMI

KABAR

kabar pertama wahyu itu terbang jauh di sana
diantarkan air, memenggalkan bunyi nun lain.
langit bertingkat-tingkat, disangga alif tegak
yang terlalu sanggup memekakkan dada-dada.
yang sering memperdebarkan usia peradaban.

kabar kedua ada gerimis ditubuh-tubuh yang senyap.
memiliki kesepian yang tak jauh berbeda. nonsense.
dan satu bulan berada tepat sejengkal di atas kepala.
pantulan di atas cat air, di atas kanvas, di atas kertas
mulai membentuk belahan badan yang semakin jujur
polus, lugu, dan lucu. cenderung mampu mengapung 
dikoyakan kenyataan, dan cara kematian yang tak lucu.

kabar selanjutnya, cenderung begitu biasa.

2012

--------------------------------------------------

PULANG
  
Aku hanya ingin pulang
sebelum jalan kegelapan itu
terbukakan.


Aku hanya ingin pulang
lewat jalan kecil saja
tapi bantulah aku
;untuk menemui Mu.

2012

--------------------------------------------------

INGKAR

ada yang luput kutuliskan dalam buku malam
aku ingin lari dari mimpi, ketika jam mati-
dan sesaat bulan bungkam, 
seakan bintang-bintang kembar siam.

lewat percakapan singkat ketukan ranting
yang tergerakak oleh keraguan angin piatu.
cahaya-cahaya pecah sebab gelisah. Namun-
aku diam saja. diam juga sama pekerjaan
di ambang-ujung tulisan. melompat dari teralis
jendela kenyataan, karena penuh dengan genangan
air mata pribumi yang tumbuh digelanggang gawang.
kemudian, memilih bersembunyi dibalik retak cermin.

seharusnya aku tetap menulis, karena ada tuhan
yang tak pernah mau mengenal ingkar
ketika kata menjadi pangkuan do'a
yang hendak ingin berbicara.

2012
--------------------------------------------------

  • Share:

You Might Also Like

0 comments